Top Ad 970x250

4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Bulan Puasa


Saat bulan puasa, bau mulut sering menjadi salah satu hambatan dalam berpuasa. Namun begitu, puasa harus tetap jalan agar bisa mendapatkan pahala. Supaya puasa tetap lancar dan bau mulut tidak menjadi penghambat, beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan. Sebagaimana diketahui bahwa saat bulan puasa, banyak orang yang malas-malasan untuk menjaga kesehatangigi. Akibatnya bau mulut pun sangat sulit untuk di hindari. Akibatnya, lawan bicara pun sedikit menutup hidung jika berbicara dengan Anda.

Agar hal itu tidak terjadi pada Anda, ada baiknya tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan tetap menyikat gigi. Baik itu pagi maupun pada malam hari. Saat pagi hari, sikatlah gigi sesudah saur dan gunakan mouth was untuk menambah kesegaran mulut Anda selama berpuasa. Jangan lupa untuk banyak minum air putih agar tubuh tetap terhidarsi baik sepanjang Anda menjalankan ibada puasa. Mulut yang kering dan tidak ada makanan masuk akan memicu terjadinya bau mulut.

Pada malam hari sehabis buka puasa atau sebelum tidur, jangan lupa untuk kembali menyikat gigi. Sikatlah gigi dengan bersih, mulai dari pangkal gigi hingga selah-selah gigi. Gunakan obat kumur atau mouth wash untuk membersihkan selah-selah gigi yang sulit dijangkau oleh saikt gigi. Anda juga bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan selah-selah gigi supaya mulut bebas sisa makanan dan bau mulut yang berpotensi menimbulkan plak jika mengendap lama. Perlu diketahui bahwa plak merupakan salah satu penyebab bau mulut karena disana banyak kuman bersarang.

Saat menyikat gigi, gunakan juga pasta gigi yang mengandungfluoride. Hal ini merupakan salah satu standar wajib untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi supaya bebas dari bau mulut. Menjaga kesehatan gigi di bulan puasa memang harus perlu ekstra, tapi semua itu demi kesehatan mulut dan gigi Anda. Supaya puasa Anda lancar dan mulut tetap segar selama bulan puasa, berikut ini ulasan tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda, dilansir dari tribunnews.com:

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat bulan puasa:

1. Raih Semua Bagian Gigi Dengan Sikat
Pastikan menyikat semua bagian gigi. Menyikat gigi dibagi 3 bagian, yaitu menyikat permukaan bagian dalam, permukaan luar dan permukaan gigi yang mengunyah.

2. Jangan Langsung Berkumur

Setelah menyikat gigi, jangan langsung berkumur. Mengapa demikian? Berkumur pada dasarnya akan membersihkan dan mengurangi efek zat fluoride pada sisa pasta gigi, sehingga penggunaan pasta gigi jadi tidak maksimal hasilnya. Baiknya tunggu hingga 5-10 menit, baru boleh berkumur.

3. Gunakan Benang gigi (Dental Floss)

Sambil menunggu efek kerja fluoride pasta gigi agar bekerja maksimal, kita bisa membersihkan gigi menggunakan benang khusus yang mampu membersihkan sisa makanan yang tersisa di sela-sela gigi, karena kebanyakan sikat kurang bisa menjangkau ke sela-sela tertentu bagian gigi. Flossing atau benang gigi, bukan hanya berguna menghempas makanan yang menyelip di antara sela gigi. Benang gigi, juga bermanfaat mengurangi risiko gigi infeksi, bau mulut, dan bahkan menghilangkan plak yang terbentuk di sepanjang garis gusi.

Begini cara pemakaiannya:

Ambil 20-30 cm benang atau pita gigi, pegang ke dua ujungnya sehingga ada sisa benang yang berguna untuk membersihkan. Taruh dan letakan benang di antara sela gigi dan ke daerah antara gigi dan gusi. Angkat dengan gerakan naik turun di antara masing-masing gigi, untuk mengeluarkan sisa makanan dan plak.

4. Gunakan Obat Kumur (Mouth Was)

Setelah menyikat dan membersihkan gigi telah usai, kini saatnya menggunakan obat kumur untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Pilih cairan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Kita pun bisa menggunakannya di waktu sahur, guna mendapatkan aroma dan wangi yang segar pada mulut.

Demikian tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat bulan puasa. Jangan karena alasan puasa, lalu Anda jadi malas menyikat gigi dan menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Anda. Salam

Top Ad 728x90