Top Ad 970x250

Baru Tahu! Infused Water Ternyata Bisa Bikin Gigi Sensitif, Ternyata Ini Penyebabnya!


Semua orang pasti ingin punya gigi sehat dan bebas dari penyakit. Sayangnya, keinginan atau harapan tersebut tidak dibarengi dengan pola hidup sehat yang baik. Misalnya, rajin sikat gigi untuk mencegah timbunan plak pada sela-sela gigi. Rasa malas biasanya jauh lebih dominan dalam diri kita dibandingkan dengan harapan untuk punya gigi sehat dan bersih. Padahal, jika gigi sudah terlanjur rusak, tidak ada jalan lain untuk bisa memperbaikinya. Satu-satunya jalan hanya tambal atau menggunakan gigi palsu. Itu pun sifatnya hanya sementara waktu saja.

Oleh karena itu, satu-satunya jalan untuk bisa terus menjaga agar gigi bisa sehat dan bebas dari bakteri penyebab gigi berlubang adalah rajin sikat gigi dan makan makanan sehat. Rajin sikat gigi disini maksudnya tidak asal sikat gigi saja. Tapi harus menyikat gigi pada waktu yang tepat. Misalnya, menyikat gigi sehabis sarapan pagi, bukan sikat gigi baru sarapan. Kemudian, menyikat gigi setelah makan malam atau setelah Anda terakhir mengkonsumsi makanan atau minuman manis sebelum tidur. Jangan justru sebaliknya!

Perlu diketahui bahwa ada banyak orang yang masih salah paham soal menjaga kesehatan gigi. Mereka memang rajin sikat gigi, tapi seperti yang saya bilang diatas, mereka menyikat gigi sebelum makan. Jika caranya seperti itu, maka seberapa pun Anda menyikat gigi dalam sehari, gigi Anda pasti akan berlubang atau rusak juga. Kenapa? Karena sisa-sisa makanan yang baru saja Anda makan masih menempel di gigi Anda hingga terbawa tidur dan menjadi plak. Dengan kondisi seperti ini, maka bakteri akan semakin senang tinggal dalam mulut Anda dan menggerogoti gigi Anda hingga berlubang.

Gigi Anda akan makin cepat rusak jika setiap harinya Anda mengkonsumsi makanan manis seperti es krim, coklat, kopi dan minuman manis lainnya, namun tidak menyikat gigi sebelum tidur. Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata bukan hanya makanan atau minuman manis saja yang bisa menyebabkan kerusakan gigi? Minuman yang dianggap sehat seperti infused water, ternyata bisa juga menyebabkan kerusakan gigi, misalnya gigi ngilu. Loh, kok bisa? Hal itu jika Anda menggunakan terlalu banyak potongan buah. Jika menggunakan lemon, maka cukup slice saja jangan semua karena justru menjadi masalah bagi gigi.

"Infused water sebenarnya bagus untuk kesehatan. Tapi yang perlu diperhatikan jenis dan jumlah buah yang digunakan. Misalkan ingin pakai lemon ya cukup satu slice saja, jangan satu buah kita masukin," ujar ahli, drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros, dikutip dari okezone.com.

Dirinya menjelaskan bila lemon bersifat asam dan apabila dimasukkan ke air akan membuat rasanya menjadi asam. Segala sesuatu yang bersifat asam dapat menyebabkan terjadinya erosi yang mengikis lapisan paling luar gigi yaitu email.  "Selain itu, infused water juga sebenarnya paling baik langsung diminum setelah dibuat. Kebanyakan orang 'kan bikin pagi lalu didiemin di botol, baru minum lagi di sore atau malam hari, itu salah. Manfaatnya sebenarnya sudah enggak ada, percuma, dan air malah menjadi semakin asam sehingga peluang terjadinya gigi sensitif semakin besar," lanjut drg. Andy.

Jadi, apa yang menurut Anda atau kata orang baik, belum tentu baik di mata ahlinya atau dokter gigi. Selalu konsultasikan kesehatan gigi Anda kepada dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Memang cukup merepotkan, tapi kalau mau punya gigi sehat, memang harus rajin ke dokter gigi. Banyak masyarakat Indonesia yang masih menganggap sepeleh soal kesehatan gigi. Padahal, dari gigi bisa timbul berbagai macam penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Untuk Anda yang belum terlambat, dari sekarang Anda harus rajin-rajin menjaga kebersihan gigi.

Jangan menunggu gigi Anda rusak baru mencari obat atau datang ke dokter gigi. Jika sudah begitu, semua sudah terlambat. Bukan hanya gigi menjadi rusak,biaya pun akan semakin banyak Anda keluarkan jika gigi Anda sudah rusak. Biaya-biaya tersebut seperti biaya konsul, biaya obat dan biaya perawatan dll. Kecuali Anda tidak begitu mementingkan soal masalah kesehatan gigi, ya beda kasus. Salam!

Top Ad 728x90