Top Ad 970x250

Sekarang Ada BPJS, Tidak Perlu Lagi Takut ke Dokter Gigi!

Sumber gambar
Banyak masyarakat Indonesia yang semakin sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Hal itu disebabkan oleh adanya BPJS yang kini menjamin setiap warga negara untuk bisa mengakses layanan kesehatan yang baik. Banyak masyarakat yang sudah tidak lagi ragu-ragu untuk datang ke rumah sakit untuk memeriksakan masalah kesehatannya, termasuk soal kesehatan gigi yang bisa menjadi pemicu munculnya penyakit lainnya. Mungkin selama ini masyarakat takut datang ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan giginya karena takut akan biaya mahal.

Dengan adanya BPJS, maka masalah biaya tidak lagi menjadi masalah untuk bisa datang ke rumah sakit memeriksakan masalah kesehatan gigi. Meskipun selama ini sering ada penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut, namun kurangnya kesadaran dan juga kurangnya biaya membuat masyarakat segan untuk datang ke dokter gigi. Namun, hal itu tidak terjadi lagi karena masyarakat saat ini sudah semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa memicu timbulnya penyakit lainnya.

Hal itu dipertegas oleh pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), Dr dr RM Sri Hananto Seno SpBM(K) yang mengatakan, penyuluhan mengenai kesehatan rongga mulut yang sering mereka adakan membuat orang-orang mau memeriksakan diri ke dokter gigi. "(Misalnya) Dikatakan sakit gigi bisa menyebabkan infeksi di mana-mana, mereka jadi ketakutan, lalu datang ke dokter gigi," kata Seno dikutip Health Liputan6.com belum lama ini.

BPSJ kini bisa menjadi solusi bagi kita yang merasa kurang mampu atau tidak punya cukup uang untuk datang ke dokter gigi. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi kita atau siapapun untuk tidak berani datang ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi. Jika dulu sebelum ada BPJS, banyak orang malas datang ke dokter gigi, bisa jadi karena alasan tidak memiliki cukup biaya. Jadi, setelah  masalah soal biaya bisa dicover oleh BPJS, maka tidak ada alasan lain lagi, kecuali memang benar-benar takut atau malas benaran.

Bagaimana pun, kita semua harus semakin sadar akan pentingnya masalah kesehatan gigi. Jangan menunggu sakit gigi baru datang ke dokter gigi. Bahaya yang ditimbulkan oleh adanya masalah gigi bisa berefek pada kesehatan lainnya. Misalnya stroke, penyakit jantung, kanker mulut dan masih banyak masalah kesehatan lainnya. Ini bukan menakut-nakuti, tapi memang faktanya bahwa syaraf gigi terhubung dengan bagian-bagian penting dari tubuh manusia. Jadi, jika gigi sudah rusak, maka bisa berefek serius pada bagian organ vital lainnya.

Kalau sudah tahu, mulai sekarang datang saja ke dokter gigi. Gunakan kartu BPJS Anda dengan sebaik-baiknya. Tidak usah takut soal biaya karena pemerintah sudah menjamin semua. Anda tidak akan dikenai biaya sedikit pun. Jika Anda belum punya BPJS, maka sebaiknya urus dari sekarang. Kita harus mulai sadar bahwa masalah kesehatan itu tidak bisa main-main. Kita tidak pernah tahu kapan kita sakit. Hal yang paling penting adalah selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, sebelum tidur dan sesudah sarapan pagi.


Top Ad 728x90