Top Ad 970x250

5 Penyebab Sakit Gigi Yang Sering Terjadi, Ini Cara Mengatasinya Guys!

Sumber photo
Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang adalah sakit gigi. Jika tiba-tiba kambuh, penderita akan merasakan hal yang sangat tidak mengenakkan, terutama saat hendak makan. Rasa sakit yang begitu luar biasa membuat setiap makanan yang beresentuhan dengan gigi membuatnya semakin bikin tersiksa. Pokoknya, semua menjadi tidak enak dan bahkan bisa mengganggu pekerjaan jika tidak segera diatasi. Ada banyak penyebab sakit gigi yang sering terjadi pada masing-masing orang.

Beberapa penyebab sakit gigi yang sering terjadi, diantaranya adalah gigi berlubang, akan tumbuh gigi baru atau karena gigi patah. Jadi, tidak semua sakit gigi disebabkan oleh karena gigi berlubang. Namun umumnya sakit gigi memang terjadi karena gigi berlubang. Jika merasa tidak ada gigi yang berlubang namun mengalami sakit gigi, bisa jadi karena sebab lain. Untuk saran, sebaiknya konsultasi dengan dokter gigi untuk masalah sakit gigi yang sedang Anda alami. Jangan pernah mengambil tindakan sendiri. Akan fatal akibatnya jika Anda menganggap sepeleh sakit gigi yang sedang Anda alami.

Banyak kasus yang justru berakhir fatal karena penderita mengambil tindakan sendiri saat mengobati gigi berlubang atau sakit gigi lainnya. Menggunakan obat-obat alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang boleh-boleh saja. Namun, tetap saja Anda harus ke dokter gigi untuk bisa mengatasi secara permanen sakit gigi yang sedang Anda alami. Supaya tidak buru-buru mendiagnosa setiap sakit gigi yangsedang Anda alami, berikut ini beberapa penyebab umum munculnya sakit gigi yang sering terjadi di masyarakat dilansir dari liputan6.com:

1. Gigi berlubang

Penyebab sakit gigi yang pertama adalah gigi berlubang. Penyebab sakit gigi ini juga sering dirasakan oleh beberapa orang yang giginya terdapat lubang kecil hingga besar dan akan menyebabkan perasaan tidak nyaman hingga rasa sakit yang cukup tinggi. Gigi berlubang biasanya disebabkan karena faktor kebersihan gigi yang tidak dijaga. Contohnya saja tidak menggosok gigi dengan teratur, sering makan makanan manis, tambal gigi yang rusak, hingga kecelakaan.

2. Gigi patah atau tanggal

Gigi patah biasanya terjadi pada anak-anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Karena anak-anak dalam umur tertentu masih memiliki gigi susu atau gigi sementara, kemudian akan tanggal dan diganti dengan gigi permanen hingga meninggal. Pergantian gigi inilah penyebab sakit gigi sering terjadi pada anak-anak. Jika anak-anak mengalami gigi patah atau tanggal, jangan kuatir karena itu adalah proses yang wajar dalam pertumbuhan.

3. Tumbuh gigi

Tumbuh gigi biasanya terjadi pada balita atau bayi. Tumbuh gigi juga menjadi penyebab sakit gigi yang biasanya setelah seseorang mengalami gigi patah atau tanggal. Hal ini juga lebih sering terjadi kepada anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan. Namun tumbuh gigi juga bisa terjadi kepada orang dewasa. Orang dewasa akan mengalami tumbuh gigi terutama gigi graham dibagian paling belakang pada umur-umur tertentu, hal ini akan menyebabkan rasa sakit karena gigi akan berusaha keluar dari gusi dan merobek daging.

4. Peradangan atau infeksi

Penyebab sakit gigi berikutnya adalah peradangan atau infeksi yang terjadi di sekitar gigi. Infeksi ini akan membuat saraf-saraf yang terdapat di sekitar gigi terganggu dan menyebabkan efek sakit yang cukup mengganggu. Infeksi juga bisa disebabkan karena faktor kebersihan gigi yang tidak dijaga, yang kemudian akan menjadikan gigi sebagai sarang bakteri dan kuman.

5. Permasalahan pada kawat gigi

Penyebab sakit gigi ini biasanya terjadi pada orang-orang yang menggunakan kawat gigi atau behel untuk merapihkan bentuk giginya. Terkadang kawat gigi bisa membuat infeksi jika tidak dipasang dengan baik dan benar. Faktor kebersihan juga harus dijaga agar bakteri dan kuman tidak bersarang di kawat gigi tersebut. Sakit gigi yang disebabkan oleh pemakaian kawat gigi biasanya terjadi pada awal pemakaian, dan saat melepaskan kawat gigi. Biasanya sakit gigi ini hanya sementara saja.

Mengatasi dan Mencegah Sakit Gigi

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi di rumah adalah dengan menyikat selah-selah gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel. Setelah menyikat gigi, Anda bisa berkumur dengan air hangat atau berkumur dengan obat antiseptik untuk membunuh kuman-kuman yang menyebabkan timbulnya sakit gigi. Selain hal tersebut diatas, Anda juga bisa minum obat parasetamol dan yang terakhir kompres pipi atau bagian dimana rasa sakit gigi yang sedang Anda alami dengan air dingin.

Untuk pencegahan agar tidak terjadi lagi masalah sakit gigi kedepannya, selalu rajin menyikat gigi dua kali sehari, pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Menyikat gigi saja ternyata tidak cukup membersihkan selah-selah gigi. Karena itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan selah-selah gigi dari sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Hal itu saja tidak cukup. Demi kesehatan gigi, kurangi makan atau minum minuman yang manis-manis. Dan yang paling penting adalah sering memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Dengan melakukan gaya hidup sehat, maka segala macam penyakit bisa dicegah termasuk sakit gigi. Jangan menunggu penyakit datang baru mengobatinya, tapi cegah agar jangan sampai menyerang tubuh terutama pada gigi. Ingat! Dari gigi, semua penyakit bisa saja muncul. Misalnya, stroke dan penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh berbahaya di dunia. Jadi, kita semua harus bisa menjaga kesehatan, bukan hanya masalah kesehatan gigi, tapi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Demikian dan semoga artikel ini bisa membantu mengingatkan kita semua bahwa kesehatan itu sangat penting. Salam

Top Ad 728x90