Top Ad 970x250

8 Daftar Obat Alami Untuk Sakit Gigi Berlubang


Hampir setiap orang pernah mengalami sakit gigi berlubang. Penyebabnya, karena gigi sudah berlubang dan banyak bakteri bersarang disana. Efeknya, ya sakit gigi yang benar-benar bisa bikin hidup jadi tidak nyaman. Tidak mau berlama-lama menahan sakit gigi, banyak orang mencari alternatif obat yang ada di rumah. Dan kita patut bersyukur bahwa Indonesia kaya akan rempah-rempah yang bisa jadi obat alami untuk sakit gigi berlubang. Tidak perlu jauh-jauh mencari keluar rumah karena di sapur Anda banyak sekali bumbu dapur yang bisa dijaikan obat sakit gigi.

Tentu saja cara alami ini tidak selamanya berhasil. Pada akhirnya, Anda harus ke dokter gigi untuk memeriksakan gigi Anda. Dengan begitu, dokter akan memberi penanganan khusus agar sakit gigi yang Anda alami tidak kembali kambuh sewaktu-waktu. Perlu diketahui bahwa obat alami yang ada di dapur, sifatnya hanya sementara. Jika efeknya sudah hilang, maka bisa saja sakit gigi Anda akan kembali kambuh. Jadi, solusi yang paling benar adalah datang ke dokter gigi. Dokter akan memeriksa gigi Anda. Dan jika ditemukan gigi yang memang harus ditangani dengan cara dicabut, maka dokter akan menyarankan hal itu.

Jika lubang di gigi Anda belum terlalu parah, maka dokter biasanya akan menyarankan untuk ditambal. Biasanya memang sedikit mahal sih, tapi daripada nanti kambuh lagi, akan lebih baik jika gigi yang sudah berlubang ditambal saja. Toh, hidup Anda akan jadi lebih tenang dan tidak khawatir lagi sakit gigi akan kembali menyerang Anda. Tapi, jika Anda memang sama sekali tidak punya uang untuk berobat, maka satu-satunya jalan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Tidak ada efek samping. Hanya saja, sifatnya hanya sementara.

Berikut ini obat sakit gigi alami yang bisa Anda temukan di dapur. Anda bisa menggunakannya untuk mengobati sakit gigi yang sedang Anda alami sebagaimana dilansir dari detikcom:

1. Garam

Saat sakit gigi menyerang, umumnya dokter gigi belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengatasi sakit yang Anda rasakan. Selain dengan minum obat yang diberikan, satu-satunya cara yang cukup ampuh untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang adalah dengan larutan air garam.
Garam yang memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri ini bisa menjadi obat gigi paling ampuh untuk meredakan sakit gigi berlubang. Selain itu garam juga dapat menjadi bahan yang bagus untuk perawatan gigi berlubang. Caranya, larutkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 gelas air. Setelah itu gunakan untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya hilang.

2. Bawang Merah

Siapa sangka jika bawang merah dapat digunakan sebagai obat gigi yang ampuh untuk meredakan sakit gigi berlubang. Kandungan anti-mikrobial dan anti-septiknya mampu mengendalikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai obat gigi dengan cara mengunyahnya. Atau bisa juga dengan menghaluskan bawang merah kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit.

3. Bawang Putih 

Selain bawang merah, bawang putih yang dipercaya memiliki kandungan anti-septik alami ini juga dapat menjadi obat gigi yang ampuh. Dimana bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri. Caranya, Anda bisa mengunyah bawang putih ataupun menempelkannya di bagian gigi yang sakit.

4. Es Batu

Cara mengobati sakit gigi berlubang juga dapat Anda lakukan dengan mengompres es batu. Dimana suhu dingin yang dihasilkan es batu mampu mengebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyerinya. Anda bisa mengompres bagian gigi yang sakit dengan es batu sekitar 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sudah lama menjadi obat sakit gigi tradisional yang sudah banyak digunakan dari dulu. Dimana kandungan eugenol yang terdapat di dalam minyak cengkeh memiliki fungsi sebagai anetesi alami yang akan menghilangkan sakit gigi. Agar sakit gigi tidak semakin parah, Anda bisa menggunakan gulungan kapas kecil yang sudah ditetesi minyak cengkeh. Kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

6. Cuka Apel

Cuka apel atau cuka dapur juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk sakit gigi berlubang. Dimana kandungan antimikrobal dan antibakteriannya mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Anda bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur. Atau bisa juga dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

7. Daun Jambu Biji

Selain beberapa bahan di atas, daun jambu juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk sakit gigi alami. Dimana kandungan analgesik, anti radang dan anti mikrobanya mampu menghentikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Caranya, tumbuk daun jambu biji secukupnya. Kemudian tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur.

8. Jahe

Jahe yang dikenal sebagai obat tanaman keluarga ini ternyata juga efektif untuk menghentikan nyeri saat sakit gigi menyerang. Dimana kandungan antibiotiknya mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang. Caranya, Anda bisa menumpuk 1 siung jahe kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang.

Jika sudah menggunakan obat alami ini tapi sakit gigi Anda belum juga sembuh, maka beli obat sakit gigi gi apotik terdekat. Selengkapnya mengenai jenis obat sakit gigi yang bisa Anda beli di apotik bisa Anda simak melalui link : 5 Obat Sakit Gigi Ini Dijual di Apotik, Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Berlubang.

Top Ad 728x90