Top Ad 970x250

5 Cara Mudah Mencegah Gigi Berlubang

Sebenanrnya Anda tidak perlu lagi mencari tahu mengenai bagaimana cara mencegah gigi berlubang. Kenapa? Ya, karena sebenarnya sejak kecil kita sudah diajari bagaimana cara merawat gigi agar selalu sehat dan bebas dari gigi berlubang. Cuma, karena kita sering merasa malas, akhirnya setelah beranjak dewasa baru sadar akan pentingnya merawat gigi.

Tapi, sebelum semua terlambat, ada baiknya untuk mulai merawat gigi Anda sejak dini agar dikemudian hari tidak mengalami masalah gigi berlubang. Ya, meskipun sedikit terlambat, setidaknya gigi Anda belum berlubang, jadi perawatannya pun masih cukup mudah dibanding jika gigi Anda sudah berlubang.

Selengkapnya mengenai cara mencegah gigi berlubang bisa Anda simak dibawah ini. Semoga bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk rajin menjaga kesehatan mulut, terutama gigi.

1. Menyikat Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Setiap dari kita pasti sering menyikat gigi. Tapi perlu diketahui bahwa menyikat gigi tidak hanya cukup sekali, tapi minimal 2 kali sehari, sebelum tidur dan sesudah sarapan pagi. Ini akan membantu menjaga mulut bebas dari sisa-sisa makanan pemicu berkembangnya bakteri penyebab gigi berlubang.
cara mencegah gigi berlubang
Photo oleh: SmartAboutSugar.com

2. Sikat Gigi Sehabis Makan

Menggosok gigi setelah makan memang cukup merepotkan, tapi jika demi kebersihan dan juga kesehatan gigi, hal ini wajib untuk Anda lakukan. Selain gigi menjadi sehat, gigi bersih pun akan meningkatkan kepercayaan diri dalam bergaul dan tidak kuatir lagi dengan bau mulut.

3. Menggunakan Benang Gigi


Untuk hal yang satu ini, memang tidak semua orang melakukannya. Hal ini, karena sebagian besar orang beranggapan bahwa menyikat gigi saja sudah cukup. Selain itu, menggunakan benang gigi juga dianggap sangat merepotkan. Tapi jika demi mendapatkan gigi bersih dan sehat, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

4. Makan Makanan Bergizi


Mengkonsumsi makanan yang sehat dan tinggi nutrisi, terutama yang mengandung kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan gigi. Jadi tidak hanya rajin menyikat gigi, tapi nutrisi untuk gigi juga harus terpenuhi agar gigi semakin kuat dan tidak mudah rapuh hingga tua.

5. Konsultasi Dengan Dokter Gigi


Jangan lupa untuk rajin berkonsultasi dengan dokter gigi untuk bisa menemukan lubang kecil di gigi Anda yang tidak terlihat ketika menyikat gigi. Dengan rajin check up ke dokter gigi, maka risiko gigi Anda berlubang akan semakin kecil.

Demikian langkah mudah cara mencegah gigi berlubang. Anda pasti sudah sering mendengar istilah yang mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati". Ini ada benarnya, karena selain gigi menjadi sehat, Anda bisa menghindari keluarnya biaya besar untuk pergi berobat ke dokter gigi. Salam sehat!

Top Ad 728x90