Top Ad 970x250

Cara Efektif Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi bisa terjadi ketika bagian tengah yang sangat sensitif mengalami kerusakan, terutama karena berlubang akibat bakteri. Jika sudah terlanjur sakit karena gigi berlubang, lalu apa yang harus dilakukan? Jalan terbaik adalah mengobati sakit gigi tersebut agar tidak terus menyiksa Anda. Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa Anda simak dibawah ini.

Metode 1 dari 3 : Melakukan Tindakan Segera

1. Minum Obat Penghilang Rasa Sakit
Untuk mengobati rasa sakit karena gigi berlubang bisa Anda lakukan dengan minum obat penahan rasa sakit seperti aspirin, ini sangat efektif untuk mengatasi sakit gigi dengan cepat. Seperti diketahui bahwa gigi berdenyut dapat menghambat kemampuan Anda untuk makan, berbicara dan susah tidur. Sehingga minum obat penahan sakit bisa mengurangi rasa sakit yang sedang Anda rasakan.

2. Kompres Air Dingin
Bungkus es dengan kain bersih lalu ikat dengan karet. Tempelkan es yang sudah dibungkus pada bagian gigi Anda yang sedang mengalami rasa sakit atau berdenyut. Suhu dingin pada es akan membantu meringankan rasa sakit yang sedang Anda rasakan.
cara mengobati sakit gigi berlubang
Photo oleh: Spectrumdentalcentre.com
3. Gunakan Gel Pemati Rasa
Jika Anda sudah benar-benar tidak kuat akibat sakit gigi berlubang yang sedang Anda rasakan, Anda bisa menggunakan gel pemati rasa untuk meringankan rasa sakit yang sedang Anda alami selama beberapa jam. Gel bisa Anda terapkan langsung pada daerah dimana rasa sakit yang sedang Anda alami dan bisa bertahan selama beberapa jam.

Metode 2 dari 3 :Perawatan Gigi

1. Bersihkan Mulut Anda Secara Menyeluruh
Kadang-kadang sakit gigi bisa disebabkan oleh potongan sisa makanan yang menempel diselah gigi dan dapat memperburuk rasa sakit gigi berlubang atau radang gusi. Ketika hal ini terjadi, hal yang harus dilakukan adalah membersihkan mulut secara menyeluruh dapat menghilangkan rasa sakit karena gigi berlubang.

2. Berkumur Dengan Garam
Untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang, Anda bisa berkumur dengan air garam. Caranya, larutkan garam dalam segelas air dan berkumurlah hingga beberapa kali sehari untuk membantu menghilangkan rasa sakit di gigi Anda.

3. Mengoleskan Minyak Cengkeh
Ini adalah obat rumah yang boleh dikatakan cukup ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang. Caranya, gosokkan beberapa tetes minyak cengkeh pada gigi yang sakit selama beberapa kali hingga rasa sakit yang Anda rasakan benar-benar hilang. Anda bisa mendapatkan minyak cengkeh di toko obat terdekat di daerah Anda.

Metode 3 dari 3: Perawatan Medis

1. Tahu Kapan Harus Ke dokter
Jika sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi besar dan kerusakan gigi, ini tidak akan hilang dengan sendirinya. Anda perlu ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi gigi Anda. Beberapa gejala yang menandakan gigi Anda mengalami infeksi yang serius adalah demam dan menggigil, nyeri yang berlebihan dll.

2. Menambal Gigi
Jika Anda memiliki gigi berlubang yang sudah mengenai saraf, jalan terbaik adalah menambal gigi tersebut agar syaraf tidak bersentuhan langsung dengan makanan ketika Anda sedang makan. Ini akan membantu menghindarkan Anda dari sakit gigi yang berkelanjutan.

3. Mencabut Gigi
Ini adalah jalan terakhir yang harus Anda tempuh jika sakit gigi yang Anda rasakan sudah cukup mengganggu dan tidak bisa lagi disembuhkan karena lubangnya sudah terlalu parah. Anda bisa menggantinya dengan gigi palsu, karena untuk orang dewasa tidak mungkin lagi akan tumbuh gigi baru seperti pada bayi. Demikian cara mengobati sakit gigi berlubang, semoga bermanfaat. Salam sehat!

Top Ad 728x90