Top Ad 970x250

Inilah Beberapa Bahaya Gigi Berlubang Bagi Kesehatan

Bahaya gigi berlubang bagi kesehatan memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Jadi singkatnya, gigi berlubang yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi dan memperburuk keadaan. Gigi yang sudah berlubang dan tidak diobati akan cepat rusak dan membuat beberapa struktur gigi menjadi hilang dalam waktu singkat.

Infeksi akan semakin parah dan akhirnya mempengaruhi sistem syaraf lainnya dalam tubuh dan mungkin saja bisa membunuh Anda jika tidak segera dilakukan penanganan yang serius. Gigi berlubang yang tidak diobati akan menyebabkan bakteri terus berkembang dan bisa masuk ke jaringan leher yang mengarah tepat ke jantung Anda.

Beberapa gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh gigi berlubang bisa Anda simak dibawah ini. Ini hanya sebagian kecil dari sekian penyakit yang ditimbulkan oleh gigi berlubang, namun setidaknya ini bisa menjadi peringatan bagi kita bahwa menjaga kesehatan gigi itu sangat penting.
bahaya gigi berlubang
Photo Oleh: Rustdmd.com
1. Kehilangan gigi yang merupakan alat penting untuk mengunyah makanan.
2. Menyebabkan selulit di wajah, penyakit langkah yang disertai demam, gangguan saluran pernafasan dan lidah menonjol.
3. Sinusitis- Ini adalah infeksi atau peradangan pada rongga sinus belakang hidung dan mata. Gejalanya bervariasi sesuai dengan rongga sinus yang terinfeksi.
4. Gangguan Otak - Gigi berlubang yang disertai dengan nanah dapat menyebabkan gangguan pada otak akibat berjalannya bakteri melalui saluran pembuluh darah.
5. Infeksi Pembuluh darah
6. Radang dada
7. Sepsis - Peradangan dalam tubuh
8. Penyebaran infeksi ke tulang rahang gigi
9. Radang selaput jantung, otot jantung, dan katup hati.
10. Radang paru-paru
11 Menyebabkan kematian jika gigi berlubang sudah terjadi komplikasi dan kondisininya semakin buruk.

Hasil penelitian juga membuktikan bahwa kesehatan gigi yang buruk sangat erat kaitannya dengan barbagai macam gangguan kesehatan termasuk serangan jantung, stroke, diabetes dan radang sistemik. Racun bakteri juga dapat menyebabkan penyakit jantung, ovarium, mata, paru-paru, ginjal, saraf dan pergelangan tangan.

Dan meskipun saat ini sangat jarang, di abad ke 17 dan 18, kerusakan gigi salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Seperti diketahui bahwa masalah gigi berlubang tidak menyebabkan sakit dan tidak terlihat sampai kondisinya sudah parah dan menyebabkan sakit baru terlihat. Nah, jalan terbaik untuk mencegah terjadinya gigi berlubang adalah melakukan perawatan sejak dini.

Demikian sedikit informasi mengenai bahaya gigi berlubang bagi kesehatan, semoga dengan adanya informasi ini Anda semakin rajin untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Salam sehat!

Top Ad 728x90