Top Ad 970x250

Mengatasi Mulut Kering dan Menimbulkan Bau Busuk, Jangan Tunda Lagi!


Menurut beberapa sumber yang pernah saya baca, mulut kering disebabkan oleh adanya masalah pada gigi. Entah itu gigi berlubang atau masalah gigi lainnya. Masalah mulut kering yang juga dikenal sebagai xerostromia ini memang sangat mengganggu. Bukan hanya bikin kurang percaya diri, tapi juga bisa mengganggu aktivitas. Tidak banyak orang yang sadar akan hal ini sehingga air liur di mulutnya mulai berkurang dan bahkan cenderung kering. Akibatnya mulut menjadi bau karena produksi bakteri dalam mulut meningkat.

Meskipun sering diakibatkan oleh gejala umum yang biasa terjadi seperti karena efek samping dari minum obat jenis tertentu, namun mulut kering bisa menjadi menandakan bahwa terjadi masalah pada gigi. Karena itu, jika kamu merasakan ada yang entah dengan mulut kamu, misalnya terasa seperti kekurangan air liur dan susah menelan, sebaiknya jangan diabaikan. Kenapa? Karena air liur merupakan bagian dari proses pencernaan dan juga membantu membersihkan gigi dan juga membasmi bakteri di dalam mulut.

Ada beberapa penyebab utama mulut menjadi kering sebagaimana dilansir dari tribunnews.com berikut ini:

1. Mulut kering atau xerostomia dapat terjadi karena stres dan dehidrasi. Kelenjar air liur mungkin berhenti memproduksi air liur yang cukup dalam kondisi ini.

2. Menurut statistik, ada 400 obat resep yang dapat menyebabkan mulut kering atau xerostomia. Karena itu, tidak ada salahnya memeriksa efek samping yang timbul karena obat yang kamu konsumsi.

3. Mulut kering dapat menandakan ada masalah pada gigi Moms, seperti gigi berlubang. Ketika tidak memiliki cukup air liur, kamu tidak bisa menetralkan asam di mulut dan membersihkan makanan dan bakteri dari itu.

4. Mulut kering dapat menjadi tanda adanya infeksi jamur dan candidiasis. Mulut tidak hanya terasa kering, namun juga bau mulut dan kesulitan menelan.

5. Kamu mungkin memiliki kerusakan pada saraf yang memberi tahu kelenjar ludah untuk membuat air liur.

Solusi untuk masalah mulut kering seperti ini adalah:

1. Perbanyak untuk minum air putih setiap hari atau terus menjaga agar mulut kamu tidak kekeringan. Minum minum minimal 8 gelas air perhari dengan cara rutin membasahi mulut kamu agar tidak kering.

2. Jangan minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan juga teh. Kafein adalah diuretik yang menyebabkan kehilangan cairan hingga dapat memperburuk masalah pada mulut kering.

3. Makanan makanan yang mengandung asam dan lemon sehingga dapat merangsang produksi kelenjar air liur dalam mulut. Minum segelas air lemon menjadi solusi terbaik untuk mencegah mulut kering setiap hari. Tapi jangan berlebihan karena efeknya justru dapat merusak enamel gigi.

4. Mengunyah permen karet yang tanpa gula juga bisa mengatasi mulut kering. Makan permen karet tanpa gula lebih baik daripada permen biasa yang banyak mengandung gula yang justru dapat menyebabkan gigi berlubang.

5. Selalu menjaga kelembaban bibir dengan menggunakan lip balm atau lipsitik yang mengandung pelembab bagi wanita. Bibir yang kering bisa membuat tidak nyaman bagi wanita yang mengalami masalah mulut kering atau xerostomia.

6. Selalu menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari, pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur.

Demikian mengenai penyebab mulut kering dan juga cara mengatasi mulut kering. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi mulut kering yang sudah sangat mengganggu itu. Selamat mencoba dan tetap menjaga kesehatan mulut, ya.

Top Ad 728x90