Top Ad 970x250

Ampuh! Biar Gigi Kembali Bersih, Ini Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Efektif


Coba kamu bayangkan betapa memalukannya jika punya gigi, kemudian diselah-selahnya banyak karang gigi yang sudah menumpuk. Sungguh menjijikkan, bukan? Nah, supaya kamu tidak mengalami hal tersebut, sebaiknya rajin-rajinlah untuk menyikat gigi pagi dan juga sore sesudah makan dan juga sebelum tidur malam. Untuk kamu yang baru sadar akan pentingnya masalah kesehatan gigi dan ingin membersihkan karang gigi kamu, tips yang akan saya bagikan berikut ini mungkin bisa menolong kamu.

Tapi sebelum membahas mengenai cara menghilangkan karang gigi, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab karang gigi, maka kita akan mudah menemukan solusinya. Bukan, begitu? Jadi dengan tahu akar permasalahan yang menjadikan gigi berkarang, kamu bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membersihkannya dan juga mencegahnya agar setelah dibersihkan, karang gigi tidak akan pernah kembali lagi dalam hidup kamu.

Umumnya, yang menjadi penyebab munculnya karang gigi adalah sisa makanan. Sisa makanan yang setiap hari kamu makan akan terus menumpuk dan terakumulasi. Itu, jika kamu memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, kamu habis makan makanan enak, tapi kamu tidak menyikat gigi sebelum tidur, maka lama kelamaan sisa makanan akan menumpuk menjadi karang gigi. Jika itu dibiarkan setiap hari dan kamu malas sikat gigi, maka dalam hitungan tahun gigi kamu akan menjadi rusak. Bukan hanya akan menjadi rusak, gigi kamu pun akan terlihat makin menjijikkan saat kamu ketawa. Jorok!

Bukan hanya membuat gigi tidak terlihat indah. Munculnya karang gigi justru akan membuat berbagai macam penyakit mulut menjadi bermunculan. Misalnya, penyakit bau mulut. Hal itu disebabkan oleh timbunan makanan yang sudah lama mengendap dan menjadi busuk. Belum lagi munculnya gigi berlubang yang disebabkan oleh timbunan karang gigi karena gigi akan menjadi keropos dan mudah patah. Hal itu disebabkan oleh karang gigi yang mengeluarkan zat asam yang merusak gigi kamu. Jika email gigi sudah rusak, maka akan semakin mudah berlubang.

Karang gigi juga bisa menyebabkan terjadinya radang gusi yang tentu saja bisa sangat menyakitkan bagi mulut kamu jika sedang makan. Dan parahnya lagi, radang yang terjadi bisa menyebabkan munculnya nanah pada gusi kamu. Ketika radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak. Dalam fase ini, gigi bahkan bisa tanggal. Tidak sampai di situ saja, ketika bakteri yang ada pada gusi masuk ke aliran darah akan menyebabkan hal yang lebih serius lagi. Jadi, jangan menganggap sepeleh dengan masalah karang gigi.

Nah, agar masalah karang gigi justru tidak semakin memperparah keadaan, segeralah datang ke dokter gigi. Bersihkan karang gigi yang sudah bertahun-tahun mengendap di dasar gigi kamu. Jika kamu takut atau tidak punya biaya, kamu juga bisa membersihkan karang gigi kamu dengan cara-cara alami yang tentu saja aman untuk dilakukan. Berikut ini cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa kamu coba di rumah, kapan saja dan dimana saja. Cara yang pertama adalah dengan rajin menyikat gigi 2 kali sehari, sesudah sarapan dan juga sebelum tidur malam. Jika kamu konsisten dengan cara ini, maka lama kelamaan karang gigi kamu akan hilang dan tidak akan muncul lagi. Yang paling penting, pertahanakan untuk selalu menyikat gigi secara teratur.

Menyikat gigi saja ternyata tidak cukup, kamu juga perlu menggunakan pasta gigi yang tepat agar hasilnya maksimal. Yakni menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pasta gigi yang mengandung fluoride mampu untuk mencegah munculnya karang gigi kembali. Tidak hanya fluoride, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

Cara membersihkan karang gigi yang ketiga adalah dengan flossing. Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tidak sembarang benang tentu saja. Namun benang khusus gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dengan lebih mudah. Setelah itu, gunakan juga mouthwash untuk berkumur setelah menyikat gigi. Hal ini dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

Nah, jika hal diatas sudah kamu lakukan, maka jaga agar kamu tidak merokok. Kamu pasti sudah paham bahaya merokok. Selain dapat memicu penyakit mematikan, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan. Setelah kamu tahu semuanya, maka teruslah untuk menjaga gaya hidup sehat agar gigi kamu tetap sehat dan bebas karang gigi. Semangat terus ya!

Top Ad 728x90