Top Ad 970x250

Wajib! Cara mudah menjaga kesehatan mulut agar tidak bau selokan


Gigi berlubang identik dengan bau mulut. Jadi, serajin apa pun Anda menyikat gigi, bau mulut akan tetap ada. Jalan satu-satunya untuk menghilangkan bau mulut hanya dengan mencabut gigi berlubang atau menambalnya. Selain itu, tidak ada yang menjamin bahwa balu mulut akan hilang dari tubuh Anda. Makanya, jangan main-main dengan kesehatan gigi Anda. Kalau sudah terlanjur bau mulut, pasti Anda sendiri, kan yang jadi malu?

Selain bau mulut, gigi berlubang juga bisa menjadi sumber masalah bagi kesehatan tubuh lainnya. Karena, syaraf gigi terkait dengan organ tubuh penting lainnya seperti mata, jantung dan lain-lain. Mencabut gigi yang sudah berlubang tidak bisa sembarangan. Bisa-bisa justru menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Apa lagi gigi berlubang yang sudah terlanjur kronis dan hanya tinggal menyisahkan akarnya saja.

Namun, jika tidak dicabut, masalah kesehatan pun akan tetap ada. Oleh karena itu, sebaiknya jangan main-main dengan masalah kesehatan mulut. Rajin-rajin sikat gigi dan kurangi makanan yang mengandung banyak gula. Sertai juga dengan konsumsi makanan sehat agar gigi kuat dan tidak mudah keropos jika menggigit makanan yang sedikit keras. Jika Anda baru sadar akan pentingnya masalah kesehatan gigi, sebaiknya mulai sekarang pergi ke dokter gigi dan bersihkan karang yang ada di gigi Anda.

Setelah itu, rajin sikat gigi sebelum tidur atau setelah sarapan pagi agar sisa-sisa makanan tidak menempel pada selah-selah gigi yang menjadi pemicu munculnya bakteri perusak gigi. Untuk gigi berlubang yang masih bisa dipertahankan, sebaiknya ditambal. Sebaliknya, jika yang sudah tinggal setengah, mencabutnya adalah jalan terakhir sebelum nanti hanya tinggal akar. Jika hanya tinggal akar, ini akan lebih susah karena bisa jadi dilakukan bedah untuk mencabutnya.

Idealnya, kontrol kesehatan gigi bisa dilakukan 6 bulan sekali. Namun, jika Anda malas seperti saya, maka rajin-rajinlah sikat gigi agar sisa makanan tidak menjadi karang yang justru merusak gigi. Untuk menjaga kesehatan gigi memang kadang bikin malas. Tapi, jika Anda memikirkan manfaatnya, saya yakin rasa masalah itu tidak akan mengalahkan Anda. Coba bayangkan jika Anda sedang ngobrol sama lawan jenis Anda lalu tiba-tiba dia menutup hidung, pasti Anda akan merasa tersinggung, bukan?

Nah, jika Anda tidak ingin hal itu benar-benar terjadi pada diri Anda. Silahkan, jaga kesehatan gigi Anda. Jangan sampai berlubang dan juga jangan sampai menimbulkan bau busuk. Hanya selokan yang bisa menimbulkan bau busuk karena disana banyak bakteri bersarang. Nah, Anda tidak mau kan mulut Anda disamakan dengan selokan yang penuh dengan kuman dan bakteri? Tidak terbayangkan seperti apa rasanya punya mulut yang baunya seperti selokan busuk!

Ayo, periksakan gigi Anda ke dokter gigi sebelum terlanjur semakin rusak. Jangan sampai gigi Anda habis digerogoti bakteri, membuatnya berlubang dan akhirnya keropos.

Top Ad 728x90