Top Ad 970x250

Cara Mengatasi Gigi Berlubang dan Gusi Bengkak

Gigi berlubang dan gusi bengkak adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini disebabkan karena infeksi yang terjadi pada gigi berlubang dan menyebabkan terjadinya gangguan pada jaringan syaraf dan membuat gusi menjadi bengkak. Nah, kalau kedua hal tersebut menyerang secara bersamaan, maka tidak ada jalan lain selain segera mengobatinya atau Anda akan menderita.

Jangan percaya dengan sebuah lagu yang mengatakan "lebih baik sakit gigi daripada sakit hati" karena orang yang menyanyikan lagu tersebut mungkin belum pernah mengalami sakit gigi. Kalau orang yang menyanyikan lagu tersebut pernah mengalami sakit gigi dan juga gusi bengkak, maka mungkin lagunya tidak akan berbunyi demikian. Bisa saja lagunya jadi demikian "lebih baik sakit hati daripada sakit gigi".

Baiklah tidak usah mempermasalahkan tentang lagu tersebut karena memang tidak ada hubungannya dengan topik yang dibahas disini. Kembali ke masalah gigi berlubang dan gusi bengkak. Hal yang bisa Anda lakukan ketika sedang sakit gigi karena gigi berlubang dan gusi bengkak adalah mengompres bagian gigi yang bengkak tersebut dengan menggunakan air hangat atau bisa juga dengan es.
sakit gigi dan gusi bengkak
Photo oleh: Dentalcarematters.com
Caranya adalah dengan merendam handuk dalam air hangat dan kemudian peras airnya dan tempelkan tepat pada bagian yang sedang bengkak. Jika Anda menggunakan es batu, bungkuslah es batu tersebut dengan kain, jangan biarkan es batu bersentuhan langsung dengan kulit Anda karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan.

Itu adalah pengobatan sakit gigi dan gusi bengkak dari luar. Sedangkan untuk pengobatan dari dalam, Anda bisa berkumur dengan air garam untuk membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan juga gusi bengkak. Anda juga bisa menggunakan bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan untuk mengatasi sakit gigi berlubang dan juga gusi bengkak yang sedang Anda derita.

Jika hal diatas dirasa kurang ampuh, Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh. Caranya, oleskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang sedang sakit. Minyak cengkeh akan membantu meredahkan sakit gigi dan juga gusi bengkak secara perlahan. Nah, agar masalah sakit gigi dan gusi bengkak yang sedang Anda alami tidak menyerang di kemudian hari, setelah sembuh, sebaiknya pergi kedokter gigi untuk mendapatkan tindakan medis.

Demikian sedikit tips mengatasi sakit gigi dan juga gusi bengkak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk rajin menjaga kesehatan gigi Anda agar terhindar dari sakit gigi dan juga gusi bengkak. Salam sehat!

Top Ad 728x90